Bagi seorang admin net atau rentalan yang sering bertemu dengan flasdisk bervirus, sudah tentu banyak orang yang meminta bantuan untuk menscankan flasdisknya agar bebas dari virus dan file-file yang terhidden oleh virus bisa dilihat di komputer biasa (komputer yang tidak mengaktifkan fitur untuk melihat file terhidden). nah supaya setiap kali hendak mengubah attribut file terhiden di flashdisk tidak membuka cmd dari menu run atau dari menu program, untuk mempersingkat waktu saya punya trik khusus hanya dengan sekali klik maka file terhidden akan berubah atributnya menjadi tidak terhiden, berikut langkah-langkahnya :

  • klik Start => Run, maka akan muncul dialog run, ketik "Regedit", maka akan muncul program registry editor.
  • Pergilah ke key berikut : HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell. klik kanan pada folder/ key shell, pilih new > key lalu berilah nama misalnya saya beri nama "Attrib". lalu klik 2 kali pada nilai default dan ganti isinya dengan tulisan " Ubah Attribut File ".
  • lalu Klik kanan pada folder/key yang tadi kita beri nama "Attrib" pilih new > key, dan berilah nama "Command".
  • Klik 2 kali pada nilai defaultnya dan ketikan perintah berikut (tanpa tanda kutip) : "cmd.exe /k attrib -h -s -r -a /s /d && cd% 1"
  • Nah sekarang buka Windows Explorer, colokan flashdisk yang folder&filenya hendak di ubah attributnya, klik kanan pada drive flashdisk tersebut pilih menu Ubah Attribut File. selesai dah.. yang jelas lebih praktis & menghemat waktu.
cara alternatif
Jika ternyata cara diatas masih membuat anda bingung anda bisa mencoba cara ini, tuliskan tulisan dibawah ini di notepad, lalu simpan dengan nama attrib.reg, ingat waktu penyimpanan pastikan type file pada all files. setelah tersimpan klik 2 kali, jika muncul pesan yang mengatakan "anda yakin ingin memasukan informasi dari file attrib.reg ke registry?" klik yes.
selamat mencoba.



Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\Attrib]

@="Ubah Attribut &File"


[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\Attrib\command]
@="cmd.exe /k attrib -h -s -r -a /s /d && cd% 1"



sedikit keterangan tentang syntax cmd shell bisa dilihat disini

0 komentar: