Kemarin saya dapet job untuk menginstal ulang Laptop yang sistemnya rusak gara-gara virus, setelah semua beres eh ternyata yang punya laptop minta set internet juga, ya sekalian saya set internet.. akhirnya baru jadi tadi sore. Nah setelah selesai set internet, pemilik laptop minta lagi supaya kecepatan netnya bisa maksimal, akhirnya saya gunakan aplikasi portable Tune Up Utilities 2009 untuk men-tuning kecepatan internetnya. Setelah selesai tuning saya restart dan pas booting muncul pesan "NTLDR is missing".

aduh biasanya kalau kek gini seh langsung maen instal ulang lagi, tapi masa iya baru aja diinstal ulang harus nginstal lagi, capek deh... lagi pula cd-cd yang buat ngistal lagi dibawa pergi wat servis..
swt.. akhirnya tanpa kehilangan akal [dari pada harus ngistal ulang] saya langsung tanya mbah Google di internet dan berikut cara memulihkannya untuk sistem Windows XP :

  1. Masukan dan boot menggunakan CD WindowsXP.
  2. Saat muncul pilihan untuk melakukan Repair Windows, tekan tombol R pada keyboard.
  3. Lalu tekan nomor yang sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang akan diperbaiki, biasanya pilih angka 1.
  4. Nanti anda akan ditanyakan password Administrator komputer anda silahkan di isi dan Enter.
  5. Setelah berhasil login, silahkan copy NTLDR dan NTDETECT.COM dari CD installer Windows XP anda. Sebelumnya pastikan dulu apa nama drive CD/DVD anda. Saya contohkan disini bernama E:

    copy E:\i386\ntldr C:\
    copy E:\i386\ntdetect.com C:\

    jika muncul pesan untuk me-replace file ketik y lalu tekan enter
  6. Keluarkan CD dari CDROM lalu ketik exit.
Jika ternyata waktu boot muncul pesan lagi yang mengatakan bahwa konfigurasi file boot.ini telah berubah maka setelah masukke Windows buat sebuah file dengan nama boot.ini pada drive C: menggunakan aplikasi notepad lalu tuliskan :

[boot loader]
timeout=30 default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /noexecute=optin /fastdetect



Moga bermanfaat..

0 komentar: