Idul Adha / Lebaran Haji adalah salah satu hari raya dari 2 hari raya yang ada di agama Islam. Ciri khas hari raya ini adalah diperingati dengan cara menyembelih hewan kurban.
asal usul beristiwa ini bermula dari Kisah tentang penyembelihan Nabi Ibrahim AS atas Nabi Ismail AS, yang kemudian diganti oleh Allah SWT seekor kambing,
dan telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an, tepatnya surat Ash-Shaffat, ayat 99-113. Kira-kira, kisah globalnya sebagai berikut :

Adalah mimpi Nabi Ibrahim AS yang menerangkan beliau menyembelih putranya, Ismail AS. Dalam Qur’an dijelaskan, “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata:”Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu.Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab:”Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. (QS. 37:102)

Bahwasanya mimpi seorang nabi merupakan wahyu, sehingga Nabi Ibrahim AS pun melakukan wahyu yang memerintahkan penyembelihan itu. “Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya)”. (QS. 37:103)

Nabi Ibrahim AS telah melaksanakan perintah dalam mimpi itu tanpa keraguan, maka Allah SWT pun berfirman :”Dan Kami panggillah dia:”Hai Ibrahim”, (QS. 37:104).

“…sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu”, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”. (QS. 37:105)

Allah menerangkan itu semua, dan menyatakan : “Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata”. (QS. 37:106).

Lalu, Allah SWT mengganti penyembelihan Ismail AS itu dengan firman-Nya, “Dan Kami tebus anak itu dengan dengan seekor sembelihan yang besar”. (QS. 37:107).

Para ulama sepakat bahwa yang dimaksud dengan “Sembelihan Yang Besar” adalah kambing/domba

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

0 komentar: