Ada seorang pemuda yang sedang mencari-cari orang yang dia anggap pantas sebagai gurunya, dia mencari guru yang sama dengan bayangannya pikirannya yang ia anggap guru yang sempurna. sekian lama ia mencari, dia sudah mendatangi ribuan guru tapi tidak ada yang cocok dengan kriterianya, dia sudah pergi kemana-mana, ke pelosok, keluar negeri, sampai akhirnya dia menemukan orang yang menurutnya cocok dengan kriterianya.
dia berkata: "wahai guruku sekian lama aku mencari kesana kemari, ribuan guru telah aku temui, tapi aku rasa bahwa engkaulah guru yang pantas denganku. engkaulah guru yang sempurna yang sesuai dengan fikiranku, maka terimalah aku sebagai muridmu."
sang guru sambil tersenyum berkata "Sayang sekali aku tidak bisa mengabulkan permintaanmu, karena guru yang sempurna membutuhkan murid yang sempurna"

"Manusia tidak ada yang sempurna, makanya kita diciptakan memiliki banyak kekurangan supaya sesama kita saling melengkapi"

Mungkin anda pernah mengalami kejadian seperti ilustrasi tersebut. anda mencari orang yang sesuai dengan keinginan anda. setiap orang yang anda temui, anda nilai dan ternyata banyak yang tidak sesuai dengan keinginan anda. hingga anda menemukan yang anda nilai dia sangat Perfect, sesuai dengan keinginan anda, tapi ternyata anda tidak sesuai dengan keinginannya. maka cobalah menerima kekurangan orang dan berusaha saling melengkapi

0 komentar: