Oke, dibagian kedua ini akan saya jelaskan trik jitunya. sebagai contoh saya ingin mendownload Movie Hellboy 2 : The Golden Army, dan berikut adalah tampilan di site mininova.org.

[ duh kalau gambarnya kurang jelas mohon maaf deh, padahal gambar di kompi gw jelas bgt tapi pas abis di uplod malah jadi jelek ;-( coba cek disini....]

ok saya jelaskan saja di baris pertama tertulis :
Hellboy 2 The Golden Army R5 LINE XVID-PUKKA in Action (=kategori movie) dengan 222 comment (108 comment, 114 thanks), ukuan file 703.16 MB, jumlah Seeds 10452 dan jumlah Leechers 22065.

Pertama yang harus anda perhatikan adalah jenis/kualitas videonya diatas kualitasnya R5, R5 merupakan video copy dengan kualitas tinggi (see detail...). jika mungkin anda tidak menemukan yang R5 maka kualitas yang biasanya tersedia adalah CAM (rekaman kamera, untuk kualitas cam biasanya lebih buruk dari DVDRip) dan DVDRip (Rip/convertan dari DVD ori). jadi urutan kualitas videonya dari yang terjelek adalah CAM => DVDRip => R5. kalau anda pengen puas ya usahakan nyari yang R5 atau DVDRip minimal lah. Tapi karena movie terbaru biasanya R5 muncul 2 minggu setelah launching, nah pada awal-awal baru launching kan adanya cuma CAM maka anda harus mengaplikasikan trik kedua.

Kedua cek berapa jumlah comment, terutama jumlah thanks, semakin banyak jumlah thanksnya brarti semakin baik kualitasnya. Tapi anda jangan hanya melihat jumlah comment begitu saja, ada baiknya anda lihat apa comment yang tertulis. ini penting karena kadang ada user yang mengkompres file movie ke format .rar. nah ada beberapa user memberikan password pada file rar tadi (soalnya saya pernah komplit donlod movie yang dikompres ke .rar waktu diekstract minta password, ee di cek ke situsnya udah di apus link torrentnya. yah sia2) kasus lainnya adalah ada beberapa user yang meng-encode movienya. untuk bisa memainkannya anda harus mendownlod encodenya. tapi saat anda mau donlod encodenya, anda diharuskan register sana-sini ke situs tidak jelas, bahkan diharuskan memakai CC (credit card) ati2 itu bisa jadi penipuan. Nah jika comment untuk movie hasil rekaman alias CAM anda bisa baca commentnya apa saja. biasanya anda yang memberikan penilaian kualitas rekamannya seperti wah ini terlalu gelap, 6/3 (V/A, V = Kualitas Video, A = kualitas Audio) cari yang V/A diatas 7 atau 8 lah. nah kalau ada yang ngasih komentar jangan donlod video ini, membuang buang waktumu saja.. hmm bisa jadi ini kasus seperti diatas.. so harus berhati-hati ya...

nah yang ketiga adalah jumlah seeder dan leecher, semakin banyak jumlah seeder dan leecher berarti semakin bagus untuk didownload alias kecepatan downlodnya baik. bahkan jika bagus sekali anda bisa mendownlod file tadi hanya 2jam wew.. melebihi kecepatan download via ftp/http. ( coz gw pernah donlod movie ukuran 700MB cuma 3 jam via torrent, padahal saya downlod instaler game online 400 MB lewat ftp malah hampir 3 harian, :-( ....swt)

lain-lainya adalah jika anda melihat di dekat tulisan jumlah comment ada tanda huruf P warna merah berarti Premium alias berbayar, untuk bisa mendownlod ya anda harus bayar, tapi jaminanya kecepatan downlodnya bagus, kalu mau yang free dan kecepatan downlodnya terjamin, anda bisa mencari yang ada simbol bintang warna merah dah pasti kecepatanya bagus.
oh ya jangan lupa jika link downlodnya menyediakan sample maka triknya adalah anda set high priority downlod pada samplenya supaya anda bisa melihat kualitas videonya seperti apa dari sample tersebut.

lalu file nya kan cuma 700MB apa mungkin itu movie full version, bisa visa cuma trailernya aja..! kalau dipikir dijadikan VCD aja ukurannya hampir 2 CD=1,5MB.. eit jangan salah 700MB yang disini merupakan hasil Convert DVD full version lho, entah bagaimana mereka melakukannya..
.......
next cara seting di aplikasi torrent client

0 komentar: