Kadang file musik mp3 yang sering kita mainkan ternyata menyimpan lyric lagunya juga.. untuk menampilkannya anda perlu aplikasi khusus pembaca lyric..
nah bagi anda pengguna komputer yang sering menggunakan winamp sebagai player music bisa menggunakan plugin pembaca lyric untuk winamp seperti WinLyrics

cara memakainya cukup mudah, anda tinggal instal maka secara otomatis WinLyrics akan terintegrasi dengan player Winamp. Sebenarnya plugin ini tidak lah gratis alias shareware selama 60 hari. Tapi dibanding plungin lyric berbayar lainnya WinLyrics tidak begitu rewel dalam masalah menampilkan pesan harus register. Kadang kita dibuat jengkel dengan pesan popup harus register, tapi popup WinLyrics hanya muncul sekali setelah instalasi dan sekali saat timing waktunya habis. Jadi walaupun anda memakai aplikasi shareware tapi selama 60 hari bagaikan memakai full version.. wew.. mayan bgt..
berikut adalah tampilan WinLyrics


Jika komputer anda terhubung dengan jaringan internet winlyric otomatis akan memcarikan lyric yang cocok dari database di internet untuk lagu yang sedang dimainkan. winlyric akan mencari berdasarkan info metadata/id3v1/id3v2 tag yang terdapat pada file mp3. Jika info metadata/id3v1/id3v2 tag kosong maka winlyric akan mencari berdasarkan nama file. jika nama file juga tidak jelas maka anda harus mencarinya secara manual. caranya klik kanan pada area winlyric maka akan muncul popup pilih Load lyric => From web database atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + L. Setelah itu anda tinggal mengisikan nama artis dan judul lagu lalu tekan search. Jika lyricnya ketemu Wiinlyric akan menampilkan opsi penyimpanan lyric, mau disimpan ke dalam file mp3, txt atau lrc. kalo di web database belum tersedia anda bisa juga upload lyric sendiri ke web database.

download winlyric


Jika anda ingin mencoba plugin pembaca lyric lain yang suport berbagai player anda bisa juga mencoba Minilyric atau Evilyric.

Aplikasi pembaca lyric untuk HP java anda bisa mencoba LyricShow player tapi anda harus menyimpan lyric sesuai nama mp3-nya dengan format .lrc supaya aplikasi ini bisa menampilkan lyric dari file mp3 yang sedang di mainkan.

0 komentar: